Wakil Bupati Waykanan Hadiri Acara Muscab Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia

0
5

Waykanan, etalaseinfo.com – Wakil Bupati DR. Drs. H. Edward Antony, M.M bertempat di Aula PKK Pemerintah Daerah Kabupaten Way Kanan, Senin (23/9/2019) Menghadiri Acara Pembukaan Musyawarah Cabang I Himpunan Nelayan Seluruh  Indonesia Kabupaten Way Kanan Tahun 2019.

Muscab HNSI yang pertama itu juga dihadiri oleh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, kepala dan unsur Dinas Perikanan, Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Tanaman Pangnan, Holtikultura dan Peternakan, Dinas Koperasi dan UKM, Dinas Kesehatan, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Sosial, Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung serta Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Edward Antony mengatakan melalui kearifan lokal yang dimiliki Kabupaten Way Kanan, banyak potensi di daerah yang bisa dimanfaatkan untuk budidaya ikan air tawar. Harapannya dengan adanya sinergitas antara Pemerintah Kabupaten dengan Organisasi HNSI dapat menumbuhkan ebergi baru dalam dunia perikanan menuju daya saing Sumber Daya Alam serta melalui HNSI dapat memberikan kontribusi kepada Pemerintah Daerah Sebagai penyabung program antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah dalam budidaya perikanan.

“Dari Muscab HNSI hari ini akan tercapai beberapa keputusan penting yang dapat dijadikan sebagai pedoman organisasi menuju perbaikan disegala bidang perikanan demi kesejahteraan anggora sebagaimana yang dicita-citakan HNSI. Selain itu juga, dengan kegiatan ini diharapkan dapat dijadikan sebagai momen untuk menghayati tugas dan tanggung jawabnya organisasi HNSI dalam rangka meningkatkan pendapatan masyarakat dari budaya ikan”, ujar Edward Antony.

Selain itu, pada acara yang juga dihadiri oleh Plt Ketua DPD HNSI Lampung Bayu Witara, Pengurus APDESI Way Kanan serta Organisasi Kepemudaan itu, Edward Antony juga mengatakan bahwa dalam menjalankan tugasnya HNSI dapat mengajak Pemerintah Kampung/Lurah untuk pemanfaatan potensi perairan diwilayahnya seperti keberadaan embungn yang selain untuk resapan air juga dapat dimanfaatkan sebagai tempat budidaya ikan air tawar.

“Dengan cara tersebut HNSI telah membantu Pemerintah dalam rangka membangun Kabupaten Way Kanan ini terutama dalam rangka peningkatan budidaya ikan air tawar”, pungkasnya.

Ditempat yang sama, Plt Ketua DPC HNSI Way Kanan, Demsy Presanov dalam laporannya mengatakan bahwa HNSI merupakan organisasi masyarakat berbasis nelayan yang telah diformalkan oleh Pemerintah sejak didirikan pada tahun 1973. HNSI adalah organisasi yang bersifat profesi, non politik dan independen yang menganggap bahwa seluruh nelayan adalah anggota HNSI. Eksistensi organisasi HNSI lebih difokuskan pada pembinaan dan pemberdayaan serta menyuarakan nasib nelayan seperti dalam hal subsidi BBM, pemberian kredit pemerintah, bantuan dana bergulir, dan lain-lain.

“Muscab HNSI Way Kanan diselenggarakan untuk menuju pelaksanaan Musda Ke-VII HNSI Lampung yang akan diselenggarakan pada bulan Oktober 2019 mendatang, serta Muscab HNSI Way Kanan merupakan muscab pertama yang diselenggarakan oleh HNSI di Provinsi Lampung”, ujarnya yang dilanjutkan dengan Penandatanganan Nota Kesepakatan Bersama Antara HNSI Way Kanan dengan APDESI Way Kanan serta Pelaksanaan Musyawarah Cabang HNSI Way Kanan. (Hms)