Wali Kota Herman HN Ingin Khotbah Di Masjid Mengajak Pada Kedamaian

Wali Kota Bandarlampung saat memberikan sambutan pada pelantikan pengurus khatib Dewan Masjid Kota Bandarlampung. Sabtu. (28/11/2020).

Bandarlampung РWali Kota Bandarlampung Herman HN menginginkan para khatib dan imam bila mengisi ceramah atau khotbah di masjid-masjid agar mengajak umat untuk cinta kepada persatuan dan kedamaian.

“Kalau bisa ceramah yang umum-umum saja sehingga umat yang dengar damai, aman, dan tentram,” kata Wali Kota Herman HN, di Bandarlampung, Sabtu.

Dia pun mengatakan apabila memungkinkan semua masjid yang berada di Bandarlampung ini isi ceramah atau khotbahnya sama satu sama lainnya yang membuat iman dan taqwa meningkat.

“Ini kan ada 800 masjid di kota ini jadi bagaimana khatib dan masjid-masjid ini bisa bersama begitunpula dengan khotbahnya,” kata dia.

Sementara itu, Ketua Pengurus Wilayah Dewan Masjid Indonesia (DMI) Lampung, Ahmad Dimyathi, mengatakan bahwa, untuk menyatukan  satu tema dalam khotbah di semua masjid di Bandarlampung sedikit sulit untuk di laksanakan.

“Nanti kita rapatkan dahulu takutnya kami-kami ini disangka tau dan menguasai banget,” kata dia.

Namun, lanjut dia, jika memang ini merupakan perintah Wali Kota Bandarlampung maka pihaknya akan mencoba bersilahturahmi dengan stakeholder terkait seperti, Nahdlatul Ulama (NU), Muhammadiyah, Majelis Ulama Indonesia (MUI), dan LDII agar tidak terjadi kesalahpahaman.

“Kita juga akan meminta masukan dari Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenag dan pengurus khatib di Bandarlampung terkait permintaan pak wali kota itu, karena ini tidak bisa terburu-buru memutuskannya,” kata dia. (Ant)

Bagikan