Walikota Metro Wahdi Siradjuddin Ikuti Apeksi LOCALISE SDGs

Metro, etalaseinfo.com (SMSI) – Walikota Metro Wahdi didampingi oleh Sekda Bangkit Haryo Utomo dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Eka Irianta, mengikuti Apeksi LOCALISE SDGs di Command Center setempat, Kamis (24/06/2021).

Konferensi LOCALISE SDGs ini mengangkat tema “Mendorong Percepatan Pemulihan dari Pandemi melalui Komitmen dan Pelaksanaan Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan”.

Program LOCALISE SDGs: Leadership, Ownership, and Capacities for Agenda 2030 Local Implementation and Stakeholders Empowerment yang didanai Uni Eropa, turut mendukung akselerasi pencapaian TPB di Indonesia.

Program ini telah dilaksanakan sejak 2018 oleh APEKSI dan United UCLG ASPAC bersama asosiasi lainnya, seperti APPSI, APKASI, ADEKSI, dan ADKASI. Dengan komitmen untuk mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan atau TPB akan terus berjalan seiring dengan penanganan dan pemulihan dari pandemi COVID-19, untuk memastikan “No one is left behind”.

SDGs terdiri dari 17 Tujuan dan 169 target dalam rangka melanjutkan upaya dan pencapaian Millennium Development Goals (MDGs) yang berakhir akhir pada tahun 2015 lalu.

Duta besar Uni Eropa untuk Indonesia dan Brunei Darussalam, H.E Vincent Piket mengatakan, sangat percaya bahwa akan hasil selama ini, hanya perlu setiap daerah menyesuaikan.  Terlebih dalam membantu sektor publik dalam melibatkan sektor swasta.

Walikota Bogor sekaligus Ketua Dewan Pengurus APEKSI Bima Arya Sugiarto, menyampaikan pandemi ini masa yang sangat sulit, perlu pemetaan yang secara spesifik untuk pemberlakuan kebijakan secara efektif dalam menangani pandemi saat ini.(Kf-Di)

Bagikan