Warga Bandar Negeri Suoh Diamankan Karena Setubuhi Anak di Bawah Umur

Ilustrasi Penjara

Liwa – Petugas Polsek Sekincau mengamankan Solihin (20), warga Pekon Bumi Hantaran, Kecamatan Bandar negeri Suoh, Lampung Barat, karena diduga menyetubuhi anak di bawah umur sebut saja Bunga (15), warga Sumberjaya.

Tersangka diamankan pada Jumat, 12 Juni 2020, berdasarkan LP/ B – 216 / VI / 2020 / POLDA LAMPUNG / RES LAMBAR / SPK Sek Sekincua tanggal 12 Juni 2020. Ia diciduk petugas diduga telah melanggar Pasal 81 ayat (1) Jo Pasal 76D dan atau Pasal 81 ayat (2) UU RI Nomor 17 Tahun 2016 tentang penetapan peraturan pemerintah pengganti UU RI No.1 Tahun 2016 Tentang Perubahan kedua atas UU RI No.23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak.

Kapolsek Sekincau AKP Sukimanto, Sabtu, 13 Juni 2020, mengatakan tersangka diamankan setelah pihaknya menerima laporan dari S, ayah korban warga Sumberjaya, Lampung Barat.

“Menurut keterangan S, kejadian itu terjadi di Pekon Bumihantatai Kecamatan Bandarnegeri Suoh, Lampung Barat pada Sabtu, 30 Mei 2020, sekitar pukul 21.00 WIB. Sebelum kejadian pada Sabtu 20 Mei 2020 sekitar pukul 10:00 WIB, S mendapat laporan dari istrinya bahwa korban tidak ada di rumah,” kata dia.

Kemudian, pelapor mencari keberadaan korban ke arah kebun tebu, Bungin, Puncak Sumberjaya namun hingga sore hari belum ditemukan. Ia lalu pulang dan memutuskan untuk menunggu korban di rumahnya. Namun hingga larut malam korban tidak juga pulang.

“Esok harinya pelapor kembali mencari korban, dan mendapati korban di rumah salah satu keluarganya. Lalu korban diajak pulang,” tambahnya.

Setelah didesak sang ayah, korban mengakui pergi ke Tebu, ke Sekincau, dan Suoh bersama Solihin (tersangka). Sambil menangis, korban mengaku disetubuhi tersangka sekitar pukul 21:00. Tersangka memaksa karena jika tidak mau maka tidak akan diantar pulang.

“Korban tidak berani melawan atau teriak agar didengar orang lain jika korban dipaksa karena takut tidak diantar pulang,” kata pelapor menirukan keterangan korban.

Mendengar pengakuan itu, akhirnya orang tua korban melapor ke Polsek Sekincau. Kemudian petugas langsung menindaklanjutinya dengan meminta keterangan saksi. Setelah itu mengamankan tersangka.

“Hingga saat ini tersangka masih menjalani proses penyidikan. Adapun barang bukti yang diamankan yaitu 1 helai baju kaos lengan pendek warna putih, 1 helai celana jeans panjang warna hitam, dan dua embar pakaian dalam,” ungkapnya.  (LP)

Share