Warga Bukit Kemuning Mengharapkan Dukungan Pemerintah Kembangkan Destinasi Wisata

Salah potensi destinasi wisata di Kecamatan Bukit Kemuning dapat dikembang menjadi sektor pariwisata. Istimewa

Bukit Kemuning – Warga di Kecamatan Bukit Kemuning, Lampung Utara mengharapkan perhatian pemerintah terhadap pengembangan sektor pariwisata di daerah setempat. Selama ini masyarakat Lampura harus menempuh jarak jauh, bahkan sampai ke kabupaten tetangga untuk berekreasi. 

Padahal di wilayah setempat menyimpan pesona alam tak kalah dengan kabupaten lain bila dikembangkan secara maksimal, semisal di aliran Way (sungai) Abung yang terletak di Lingkungan 12, Kelurahan Bukit Kemuning yang kini dikembangkan warga secara swadaya yang diberi nama wisata Lubuk Batu Berangkap dengan aliran sungai dan panorama khas daerah pegunungan. 

“Besar harapan kami pemerintah dapat memberikan perhatian. Sebab selama ini hanya dilaksanakan scara swadaya oleh masyarakat. Padahal disana cukup menarik, karena ada lubuk yang tak terlalu dalam serta tebing. Kalau dibuatkan sarana penunjang semacam perosotan atau tali seling dipasang, menjadi wahana wisata,” kata Kepala Lingkungan (LK) 2 Kelurahan Bukit Kemuning, Kecamatan Bukit Kemuning, Rabu, 7 Oktober 2020.

Menurutnya, untuk saat ini disana telah ada pengelolanya namun belum dapat dilaksanakan secara maksimal. Hanya ada ban-ban bekas yang dipakai sebagai piranti berenang ataupun semi arum jeram.

“Belum lama ini kita juga sempat membuat kegiatan, berupa orgen tunggal dengan mengundang camat dan uspika. Sekedar untuk memperkenalkan kepada khalayak umum,” tambahnya.

Dia mengatakan warga yang selama ini mengelola lokasi wisata siap bekerja sama dengan pihak-pihak dapat mendukung objek wisata itu. Sehingga dapat menjadi sarana pendukung ekonomi warga.

“Mudah-mudahan ini bisa jadi wahana dalam mendongkrak ekonomi warga. Selama ini banyak mengandalkan dari hasil pertanian yang tidak menentu harga jualnya. Sehingga dengan adanya destinasi wisata ini dapat memberi warna bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat,” pungkas dia.

Hal itu diamini oleh Camat Bukit Kemuning, Hairul Saleh. Menurutnya, hal itu telah menjadi perhatiannya saat ini dan akan menindak lanjuti kepada dinas atau pun instansi terkait. Sehingga dapat mengakomodir aspirasi warganya disana.

“Akan kita tindaklanjuti. Semoga kedepan di daerah kita cintai ini dapat terwujud detinasi wisata yang dapat mengangkat ekonomi warga,” kata Hairul. (LP)

Bagikan