Warga Lampung Timur Antusias Berikan Hak Suara

0
6
Warga mengantri mencoblos di TPS (Ant)

Lampung Timur – Masyarakat Kabupaten Lampung Timur, Rabu, antusias menyalurkan hak suaranya di TPS masing-masing pada Pemilu 2019.

Pada pelaksanaan pencoblosan Pemilu 2019 di TPS 18 Desa Margasari, Kecamatan Labuhan Maringgai, warga datang ke TPS mulai sekitar pukul 08.00 WIB. Satu per satu warga datang silih berganti ke TPS ini.  Sebelum masuk ke TPS, ada warga yang lebih dulu melihat papan informasi tentang contoh surat suara yang berada di halaman depan TPS.

Semakin siang, warga yang datang makin banyak. Di dalam TPS, mereka duduk mengantre dan secara bergiliran menyerahkan form C6/pemberitahuan untuk mencoblos kepada KPPS untuk mendapatkan lima lembar surat suara, terdiri lembar suarat suara untuk pemilihan presiden dan wakil presiden, anggota  DPR RI, DPD RI, DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten/kota.

Setelah mencoblos dan mencelupkan jari ke dalam tinta biru sebagai tanda sudah mencoblos, mereka pulang ke rumah masing-masing. Padan TPS 17 Desa Margasari, menjelang siang warga masih terus berdatangan untuk mencoblos.

Panitia KPPS melalui pengeras suara terus mengimbau warga agar mencoblos dan mengingatkan pemilihan ditutup pukul 13.00 WIB. Panitia juga menyampaikan bahwa warga yang tidak punya formulir C6 pemberitahuan mencoblos, bisa mencoblos tapi mulai pukul 12.00 WIB dengan membawa KTP elektronik disertai fotokopinya.

Sebelumnya, KPU Kabupaten Lampung Timur menyampaikan Daftar Pemilih Tetap (DPT Pemilu 2019 di daerah ini sebanyak 790.149 orang. Jumlah tempat pemungutan suara (TPS) sebanyak 3.440 yang tersebar pada 264 desa di 24 kecamatan.(Ant)