Waspada Penipuan Berkedok Minta Uang Kembalian

Waspada Penipuan Berkedok Uang Kembalian

Bandar Lampung – Kasus penipuan dengan modus meminta uang kembalian, seolah-olah uang yang diterimanya kurang terjadi di Bandar Lampung. Anisa Febri (19), seorang pegawai SPBU Pertamina 24.351-111 Ki Maja Wayhalim, menjadi korban penipuan modus tersebut.

Dari rekaman cctv, terlihat seorang wanita yang mengendarai mobil Xenia B 1960 PRM awalnya hendak mengisi bensin. Kemudian konsumen tersebut tampak mengisi bensin dengan nominal tertentu, lalu menyerahkan uang ke operator SPBU yang sedang bekerja yakni Anisa.

Setelah selesai mengisi bensin, lantas Anisa memberikan uang kembalian ke konsumen. Tapi oleh pelaku uang kembaliannya diselipkan di ketiak. Kemudian, konsumen tersebut kembali meminta uang kembalian, karena bingung Anisa pun kembali memberikan uang kembalian.

Kurnia, rekan korban yang juga pegawai SPBU setempat mengatakan, kejadian tersebut berlangsung pada Kamis 27 Agustus 2020. Konsumen tersebut mengisi bensin dengan nominal Rp 50 ribu, dan membayar dengan Uang Rp100 Ribu.

Kemudian, petugas mengembalikan uang sebesar Rp50 ribu dari sisa pembelian. Namun dengan sigap uang Rp50 ribu tersebut disembunyikan di ketiak, dan konsumen tersebut mengaku hanya dikembalikan uang Rp10 ribu oleh petugas.

“Uang kembalianya ternyata disembunyiin di ketiak. Itu ibunya minta lagi, karena teman saya bingung, akhirnya dikasih lagi Rp50 ribu,” paparnya.

Dari keterangan Kurnia, modus penipuan tersebut, sudah beberapa kali terjadi di Pom Bensin tersebut. “Sudah tiga kali, ada beberapa rekan yang pernah kejadian serupa,” paparnya. (LP)

Share