Way Kanan Gelar Aksi Grebeg Sampah dan Gulma Serentak

0
4

Waykanan, etalaseinfo.com – Bertempat di Halaman Kantor Kecamatan Baradatu, Pemerintah Daerah Kabupaten Way Kanan diprakarsai Dinas Lingkungan Hidup melakukan aksi Grebeg Sampah dan Gulma, Jum’at (23/08/2019) yang diikuti para Staf Ahli Bupati, para Asisten Sekda, kepala dan unsur Inspektorat Daerah Kabupaten. Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, Satuan Kerja Perangkat Daerah, RSUD Zainal Abidin Pagar Alam, Pengurus Korpri, Kecamatan Baradatu.

Kegiatan tersebut juga diselenggarakan secara serentak di seluruh kampung di Kabupaten ini dalam Rangka Program Adipura Tingkat Nasional Tahun 2019 dan pengurangan sampah di Kabupaten seperti yang tertuang dalam Kebijakan dan Strategi Kabupaten Way Kanan dalam pengurangan sampah rumah tangga dan sampah sejenis sampah rumah tangga (Jakstrada).

Sebelum pelaksanaan aksi grebeg sampah dan gulma, Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Akhmad Odany, S.H dalam amanatnya pada apel mengatakan bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan edukasi serta meningkatkan kesadaran masyarakat dalam mengelola sampah serta untuk membudayakan hidup bersih, sehat, bernilai serta untuk mewujudkan Kabupaten Way Kanan yangn bersih dan sehat.

“Melalui Aksi grebeg sampah ini akan terwujudnya sebuah kolaborasi yang masif dalam menyukseskan gerakan bersih-bersih serentak dengan membawa semangat perubahan terhadap penanganan sampah yang ada, dengan melibatkan lapisan masyarakat untuk bersama-sama berpartisipasi demi mewujudkan semangat dan tekad mempertahankan Penghargaan Adipura di Tahun 2019 ini”, ujar Odany.

Saya juga berharap dengan diselenggarakannya kegiatan ini, masih lanjut Odany, masyarakat memiliki kebiasaan untuk tidak membuang sampah sembarangan dan dapat mengelola sampah yag telah dihasilkannya dengan tepat karena sampah merupakan tanggungjawab kita semua.

“Dengan kegiatan grebeg sampah secara serentak ini masyarakat dapat memiliki rasa tanggung jawab terhadap sampah yang dihasilkan oleh setiap individu masing-masing serta memilah sampah yang baik dan benar serta mempraktikkannya dalam kehidupan sehari-hari, menjadikan reduce, reuse dan recycle sebagai budaya dalam upaya penanganan sampah”, pungkas Odany.

Diketahui, kegiatan tersebut tertuang dalam Surat Bupati Way Kanan tertanggal 21 Agustus 2019 Nomor : 660/724/IV.12-WK/2019 tentang Grebeg Sampah dan Gulma. Aksi tersebut melibatkan massyarakat se-Kabupaten Way Kanan, dengan lima poin dalam aksi bersih sampah dan gulma, yaitu sampah merupakan persoalan masalah dunia, Indonesia merupakan penghasil sampah yang sangat besar. Kemudian, kesadaran masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya masih rendah, semangat gotong royong masyarakat semakin menurun dan pengetahuan masyarakat tentang bahaya sampah masih kurang. Dimana setiap Camat mengintruksikan kepada setiap Kepala ampungnya untuk melakukan kegiatan tersebut dan mengirimkan laporan kegiatan ke Sekretaris aerah Kabupate Cq Dinas Lingkungan Hidup melalui Email : dlhwaykananlampung@yahoo.com atau Whatsapp dinomor (0852) 69726684.

Acara Grebeg sampah dan gulma secara serentak juga sebagai wujud komitmen Pemerintah Kabupaten Way Kanan dalam pengurangan sampah dan penanganan sampah rumah tangga dan sampah sejenis sampah rumah tangga seperti yang tertuang dalam dokumen Kebijakan dan Strategi Kabupaten Way Kanan dalam Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Rumah Tangga (Jakstrada) Kabupaten Way Kanan yaitu pengurangan sampah sebesar 30 % dan Penanganan Sampah sebesar 70 % sampai dengan Tahun 2025. (Hms)