WhatsApp Punya Fitur Baru, Bisa Hapus Pesan Otomatis

Bc251a16 Acd9 4dc2 Ad81 Bcceb44698ec 169

Jakarta – Lagi, WhatsApp bakal menambah kemampuan di aplikasinya. Layanan pesan milik Facebook ini dilaporkan tengah menyiapkan fitur baru yang mampu menghapus pesan otomatis.

Fitur tersebut diberi nama Expiring Messages atau pesan kadaluwarsa. Kehadiran fitur ini diketahui WABetaInfo dari WhatsApp beta di Android versi 2.20.197.4.

Ketika fitur Expiring Messages diaktifkan akan menghapus pesan obrolan setelah tujuh hari, baik di aplikasi si pengirim maupun penerima. Selain itu pada bagian profil akan terlihat indikator kecil penghitung waktu sebagai penanda pengguna tersebut mengaktifkan fitur Expiring Messages.

Lantas apa perbedaan Expiring Messages dengan opsi Delete For Everyone yang ada sekarang? Opsi baru ini tidak akan meninggalkan jejak.

Seperti kita ketahui, saat ini ketika pengguna menghapus pesan akan terlihat ‘Pesan ini telah dihapus’ oleh penerima. Terkadang pesan terhapus tersebut dapat dilihat penerima di notifikasi.

Expiring Messages Setting Android

Sementara Expiring Messages tidak menampilkan jejak tadi, baik di pengirim atau penerima, setelah pesan dihapus. Fitur ini juga dapat diaktifkan di grup, namun hanya dapat diakses oleh admin.

Sang Admin dapat mengatur lamanya menyimpan pesan, mulai dari satu jam, sehari, atau seminggu. Dia juga akan dapat mengakses siapa yang mengirim pesan kedaluwarsa di grup.

Belum ada informasi kapan fitur Expiring Messages akan resmi hadir. Saat ini WhatsApp masih melakukan uji beta, artinya tidak lama lagi pengguna bisa menggunakan fitur baru ini. Kita tunggu saja.

Notifikasi Chat WhatsApp Bisa Dimatikan Selamanya

Dalam obrolan grup WhatsApp pengguna tidak bisa membisukan notifikasi secara permanen. Pengguna pun hanya diberikan pilihan untuk membungkam notifikasi chat tersebut hanya selama delapan jam, seminggu dan paling lama setahun.

Nah, berita baiknya, ada laporan terbaru dari WABetaInfo yang kerap membocorkan fitur baru dari WhatsApp, yang menemukan bukti bahwa WhatsApp sedang melakukan pengujian pada kemampuan untuk membisukan kontak dan grup secara permanen.

Jika dilihat dari gambar screenshot, nantinya ada pilihan ‘Always’ (selalu) untuk menggantikan pilihan ‘Satu tahun’ untuk mematikan notifikasi chat dari obrolan grup.

Artinya, jika pengguna memilih opsi ‘Always’ maka selamanya pengguna tidak akan lagi menerima notifikasi-notifikasi chat dari grup yang mungkin tidak diinginkan. Langkah ini tampaknya lebih sopan daripada harus meninggalkan grup.

Tetapi sayangnya, seperti dilansir dari Android Authority, belum diketahui kapan fitur ini akan dirilis untuk pengguna. Bahkan WhatsApp dalam versi beta pun belum punya fitur ini. (Dtk)

Share