Yogurt dan Kimchi Ternyata Bisa Obati Depresi dan Redam Kecemasan

3594b176 6479 4c2a 9344 43ac4c76b8ac

Jakarta – Sebuah penelitian menemukan khasiat yogurt dan kimchi untuk mengobati depresi dan redam kecemasan. Begini penjelasannya.

Makanan fermentasi sangat berkhasiat untuk kesehatan tubuh. Misalnya seperti yogurt dan kimchi. Keduanya dikenal sebagai makanan yang dapat memperlancar sistem pencernaan. Namun, sebuah penelitian menemukan khasiat lain dari kedua makanan fermentasi tersebut.

Penelitian yang dilakukan di Inggris menemukan bahwa makanan probiotik atau prebiotik seperti yogurt dan kimchi dapat mengurangi depresi dan gangguan kecemasan. Dalam penelitian tersebut, para peneliti di Inggris telah meninjau tujuh studi yang sudah pernah meneliti efek dari makan makanan probiotik dan prebiotik untuk kesehatan mental.

Probiotik merupakan mikroorganisme hidup yang berperan untuk meningkatkan atau mengembalikan keseimbangan alami bakteri pada usus. Sementara prebiotik adalah senyawa yang tidak dapat dicerna dalam makanan yang meningkatkan pertumbuhan bakteri baik dalam saluran pencernaan.

Penelitian yang diterbitkan di BMJ Nutrition Prevention & Health, menunjukkan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan secara statistik antara prebiotik saja dan peningkatan depresi serta gangguan kecemasan.

Namun, penelitian tersebut menemukan adanya penurunan dan peningkatan yang signifikan dalam ukuran biokimia depresi dan gangguan kecemasan ketika mengonsumsi makanan probiotik. Selain itu, biasanya pasien depresi dan gangguan kecemasan sering memiliki kondisi kesehatan tertentu, seperti Irritable Bowel Syndrome (IBS).

Oleh karena itu, peneliti menambahkan bahwa mungkin ada potensi manfaat yang lebih besar jika menambahkan prebiotik yang sudah terbukti sangat efektif mengatasi kondisi-kondisi mental.

“Dengan begitu, efek yang diberikan probiotik pada pasien dengan gangguan mental yang umum mungkin ada dua, pertama mereka dapat secara langsung meningkatkan depresi atau mereka mungkin dapat mempengaruhi pengalaman pasien dari gangguan mental dengan mengurangi komobiditas tambahan,” tutur salah satu peneliti.

Selain itu, para peneliti menyebut bahwa penelitian ini bisa jadi memiliki keterbatasan. Karenanya, mereka menambahkan bahwa bukti sejauh ini menunjukkan bahwa terapi prebiotik dan probiotik memang memerlukan penyelidikan lebih lanjut.

Para peneliti menemukan salah satu makanan probiotik yang paling umum adalah yogurt. Namun, ada juga sumber baik lainnya berupa asinan kubis, kefir, miso, kombucha, dan kimchi. Sementara prebiotik dapat ditemukan di buah-buahan dan sayuran, seperti bawang, ubi, pisang, asparagus dan artichoke. Serta biji-bijian dan kacang-kacangan. (Dtk)

Share